7 Sukses dunia akhirat

7 kunci SUKSES dunia akhirat

SUKSES dunia akhirat pasti impian semua orang. bermacam definisi SUKSES dunia akhirat, seperti KAYA masuk SURGA, jadi presiden masuk SURGA, jadi pengusaha masuk SURGA ataupun yang lainnya, yang menggambarkan SUKSES dunia akhirat. yang KAYA, yang punya KEKUASAAN sering dikatakan SUKSES. semua orang pasti ingin SUKSES, terutama SUKSES dunia akhirat. kitapun bisa mendefinisikan SUKSES untuk kita sendiri. dan apapun definisi yang kita dapatkan, itulah sukses untuk kita. SUKSES yang bisa dibuka dengan kunci-kunci unik yang ternyata tidak jauh dari aktivitas keseharian kita.
kita anggap saja SUKSES dunia akhirat itu dapat dibuka dengan 7 kunci, karena ia berada dalam ruang dengan 7 pintu yang terkunci. dan inilah 7 kunci yang dapat membuka pintu-pintu itu:

1. taubatan nasuha
ini kunci yang paling penting dari kunci-kunci yang lainnya. ini kunci pertama yang dapat membuka pintu kesuksesan. dengan taubat, pintu kesuksesan akan terbuka. harga dari sebuah taubat itu tidak terhingga. ALLAH pun tidak pernah bosan untuk menerima hamba-Nya yang datang untuk bertaubat. saat kita datang kepada ALLAH untuk bertaubat, saat itu pula kita diampuni. kita akan bersih kembali, sehingga kita bisa melangkah untuk membuka pintu-pintu kesuksesan yang lain.

2. shalat wajib awal waktu (khusus laki-laki di masjid)
mengapa? karena sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab oleh ALLAH. kalau sholatnya baik, maka amalan yang lain baik, kalau sholatnya buruk, maka amalan yang lain buruk. dan sholat awal waktu adalah sebuah kebaikan tersendiri. bukankah kita tidak ingin dianggap lalai jika kita tidak sholat awal waktu? jadi, jangan telat sholat wajib apalagi ga sholat.

3. lakukan shalat sunat qobliyah dan ba’diyah
kita sering mendengar bahwa sholat sunat itu dapat menyempurnakan sholat wajib. ada pula ide yang menyatakan bahwa sholat sunat ini dapat mengangkat sholat wajib agar sampai kepada ALLAH. analoginya seperti seekor burung dengan dua buah sayap. seekor burung tidak dapat terbang tanpa sayap. begitu pula sholat wajib, mungkin tidak akan sampai kalau tidak pake sholat sunat. dan sholat sunat yang dianjurkan adalah shalat sunat rawatib, yaitu qobliyah dan ba’diyah ini.

4. lakukan shalat dhuha
shalat dhuha ini banyak sekali fadilahnya. lakukan saja 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rokaat. kalau bisa minimalnya 4 rokaat dengan 2x salam. sebelum kita melakukan aktivitas keseharian kita, lakukanlah sholat dhuha, insya ALLAH ini pun dapat membuka salah satu pintu kesuksesan.

5. lakukan sholat tahajud dan witir
bangunlah di sebagian atau sepertiga malam yang terakhir untuk melakukan sholat tahajud. pada waktu itu, ALLAH benar-benar turun untuk ‘mengunjungi’ hamba-Nya. jadi, pada saat itu, sambutlah ‘kedatangan’ ALLAH dengan sujud kepada-Nya dalam keadaan bersih, rapi, suci dari kotoran dan najis. tidak ada do’a yang tidak dikabulkan oleh ALLAH, apalagi disaat kita mau berkorban dengan menyerahkan waktu yang terbaik kita untuk ALLAH. disaat enak-enaknya tidur, kita bangun untuk menyambut ALLAH. wah, insya ALLAH, pintu kesuksesan akan langsung terbuka.

6. sedekah yang terbaik
sedekahkan apa yang terbaik yang kita punya. makin baik sedekah kita, makin mudah kita membuka pintu kesuksesan. memang tidak apa-apa kita sedekah dengan sesuatu yang kita sebut dengan ‘sisa’, tapi itu berarti kita tidak memberikan yang terbaik. bukankah ALLAH telah memberikan kita yang terbaik? dan kita pun menginginkan sesuatu yang terbaik? maka, sedekahlah dengan sedekah yang terbaik.

7. berbuatbaiklah dan tinggalkan perbuatan buruk
dengan berbuat baik, hati kita akan bersih. kita tidak memiliki noda sehingga ALLAH akan memudahkan kita untuk meraih kesuksesan yang kita impikan.
itulah 7 kunci SUKSES dunia akhirat. lakukan hal ini minimal 40 hari, rasakan apa yang terjadi pada diri kita. insya ALLAH, kesuksesan dunia akhirat akan kita raih.
PERCAYALAH! BUKTIKAN saja!
wallahu a’lama

Kamis, 21 Oktober 2010

6 Trik Lolos CPNS

Ini beberapa tips dan trik yang saya alamin, sedikit share buat temen2 yang mungkin ngebutuhin: Tips sebelum tes tertulis:

1. Siapin MENTAL dan YAKIN

Penting neh, makanya kenapa saya taro di nomor satu karena mang ini yang dibutuhin untuk awal-awal. Mental yang kuat dan keyakinan yang besar bahwa Anda pasti berhasil merupakan modal utama untuk melangkah ke tahap berikutnya. Yakinlah akan kemampuan anda sendiri bahwa anda pasti berhasil, maka peluang anda untuk lolos akan lebih besar. Sesungguhnya tes potensi akademik, kemampuan dasar, bakat skolastik, dan semacamnya merupakan tes yang apa adanya.


2. Belajar, Belajar dan Belajar

Jika punya soal-soal CPNS, coba pelajari bagaimana bentuk soal-soal tersebut. Untuk kemampuan dasar meliputi, sejarah umum Indonesia dan Internasional, Pancasila, Matematika dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pelajari juga trik-trik soalnya, terutama matematika [yg rada susah bwt yg jurusan sosial, termasuk saya.red].

Jangan pernah malu buat belajar dari buku2 pelajaran SD atau SMP, karena memang banyak soal-soal yang keluar dari buku tersebut. Manurut kita, orang dewasa, soal-soal itu ‘gak penting’ tapi ternyata penting. Seperti: “air terjun tertinggi dimana?” atau “Dekrit Presiden isinya apa?”. Atau yang lebih nggak kepikiran lagi dengan kita : “gotong royong di tingkat kelurahan termasuk dalam sila ke berapa?” nah loh?? Dijamin gak akan kepikiran kan?

Makanya sy merekomendasikan untuk baca-baca lagi buku2 anak kita atau keponakan kita yang masih duduk di bangku SD. Dan....gak lupa juga, baca-baca RPUL tingkat SD, disitu lengkap banget, semuanya ada, dari sejarah, politik, budaya, ampe shio bintang pun ada


3. Selalu Berdoa

Berdoa adalah wajib hukumnya karena kalo kita tidak minta kepada Tuhan, bagaimana bisa terwujud keinginan tersebut. Segala sesuatu di muka bumi ini, jagat raya dan seisinya dikendalikan olehNya. Buat yang muslim, jangan lupa setiap habis sholat wajib, panjatkan doa kepadaNya dengan bersungguh2 hati, bersimpuh, bersujud sepenuh hati meminta dimudahkan, dilancarkan, dan dikabulkan untuk jadi PNS.

Jika merasa tidak cukup juga, lakukan sholat malam, Tahajud setiap senin dan kamis atau kapanpun Anda terbangun di sepertiga malam terakhir, jangan segan dan malas untuk cerita ngobrol kepada Allah. Insya Allah dikabulkan di saat yang tepat. Amin.

Menjelang tes tertulis, psikotes atau wawancara:

1. Persiapkan mental

Ibaratnya Anda lumayan cerdas, namun pada saat pelaksanaan tes, anda sedang mengalami masalah yang bertubi2 sehingga membuat anda tidak konsentrasi dalam mengisi soal ujian. Hal ini sangat berpengaruh pada nilai tes anda.

2. Persiapkan alat tulis dan kartu ujian

Dari jauh2 hari, persiapkan papan kecil sebagai alas tulis. Pensil 2B [sistem komputerisasi], rautan, penghapus pensil, pulpen, kartu ujian, dan KTP asli.

3. Cari tempat duduk yang ‘nyaman’

Ada pepatah ‘posisi menentukan prestasi’. Awalnya saya tidak percaya dengan pepatah ini, namun sekarang saya percaya . Bener banget! Bila anda kebagian tempat di stadion, Carilah tempat yang di kursi depan anda kosong. Kursi kosong tersebut untuk sandaran kaki anda, agar anda leluasa menggunakan paha [maaf] sebagai alas menulis, dengan begitu menghindari anda juga dari badan yang ‘terpaksa’ membungkuk-bungkuk karena harus hati-hati dalam melingkari/menghitamkan di lembar jawaban.

4. Jangan percaya pada siapapun

Ingat tips yang pertama, percaya pada kemampuan anda sendiri. Jika anda mengalami kesulitan dalam menjawab soal, jangan pernah bertanya ke sebelah Anda atau tidak perlu melirik, melihat jawaban di sebelah atau di depan kita apa? Ingat, sebelah atau orang yang di depan anda adalah saingan anda dan belum tentu jawaban dia benar.

Jika anda sudah ‘mentok’, cari jawaban yang mendekati, atau ‘nembak’ tapi dengan mengucapkan Bismillah [maaf, tips ‘nembak’ ini tidak saya rekomendasikan ]

5. Jangan terpancing dengan orang-orang yang selesai duluan

Biasanya sebelum waktu tes berakhir, ada beberapa peserta yang sudah selesai mengerjakannya dan beramai-ramai keluar ruangan di saat waktu belum berakhir. Alhasil anda terintimidasi untuk menyelesaikan soal dengan terburu2. Sebaiknya jangan terpancing dengan kejadian ini, biarkan saja mereka keluar duluan, jangan diperdulikan, dan konsentrasi penuh saja terhadap soal yang sedang anda kerjakan. Jangan terburu-buru [jika waktu masih banyak] karena akan berpengaruh pada hasilnya. Saya takut bila anda terburu2, anda salah menghitamkan jawaban atau membuat kertas jawaban kotor atau bahkan robek pada saat menghapus jawaban yang salah.

6. Untuk tes wawancara, selain persiapkan mental, materi juga.

Seminggu atau beberapa hari menjelang tes, kumpulkan berita dan materi yang berkaitan dengan departemen yang akan kita ikuti tesnya. Contoh, saya mengikuti tes CPNS Depkes, sya pelajari struktur organisasinya, Menteri dan kegiatannya, serta info akurat tentang kesehatan.

1 komentar: